Kadis Perkim Mendampingi Walikota Tinjau Bedah Rumah di Kota Tanjungbalai

Ratusan rumah warga kalangan ekonomi menengah ke bawah di sejumlah Kelurahan di Kota Tanjungbalai mengikuti program bedah rumah yang dianggarkan di tahun anggaran 2018. Dari jumlah tersebut, Pemko Tanjungbalai mengalokasikan Anggaran dari APBD Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU). Salah satu lokasi Bedah rumah yang dikunjungi oleh Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial SH,MH yakni Jalan H.M Nur Kelurahan Pahang, Kecamatan Datuk Bandar (Jumat, 7/9/2018). Wali Kota meninjau langsung lokasi tersebut didampingi Kadis Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Yusmada.

Secara keseluruhan Pemko Tanjungbalai melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman menganggarkan Rp4,980 miliar dengan sumber dananya berasal dari APBD tahun anggaran 2018. Rinciannya, rumah sehat sederhana yang akan dibedah sebanyak 252 unit melalui Anggaran DAK dengan total Rp. 3,78 Miliar dan 80 Unit dari DAU dengan total anggaran Rp.1,2 Miliar. Total keseluruhan ada 332 Rumah yang mengikuti Program Rumah bedah tahun ini di kota tanjungbalai. Dilokasi yang dikunjungi Wali Kota kali ini yakni Untuk Kelurahan Pahang dan Gading Pemko Tanjungbalai menyediakan fasilitas Septictank 15 Unit dan Kloset Jongkok 15 unit untuk rumah warga yang mengikuti program bedah rumah ini.

Seluruh warga yang rumahnya dibedah berasal dari kalangan warga tak mampu dan memiliki pekerjaan tidak tetap. “Tentunya kriteria warga yang rumahnya dibedah untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah. Tadi diketahui dari warga yang rumahnya dibedah pekerjaannya adalah nelayan yang kita tau sebagian besar warga kota tanjungbalai bekerja sebagai nelayan sehari-harinya, Kata Wali Kota

Dampak dari semakin meningkatnya angka kebutuhan hunian dan keterbatasan kemampuan pemenuhan di Tanjungbalai mengakibatkan banyak warga belum mampu memenuhi kebutuhannya. Demi mengatasi masalah tersebut, Pemko Tanjungbalai menggulirkan kegiatan fasilitasi dan stimulasi pembangunan perumahan dan sarana MCK khusus di lingkungan warga tak mampu. Tak hanya itu, akses jalan pemukiman warga yang berpotensi sebagai kawasan industri kreatif skala kecil juga turut diperbaiki.

“Pemko Tanjungbalai akan berupaya menambah anggaran dan jumlah kuota rumah untuk mengikuti program bedah rumah ditahun 2019, Insya Allah Pemko Tanjungbalai akan terus meningkatkan program ini untuk tahun depan, ” tutur Wali Kota

Wali Kota H.M Syahrial bersama Kadis Perkim mendatangi rumah warga yang telah selesai dibedah dan kini sudah ditempati serta mengecek setiap bangunan dan fasilitaa MCK yang telah selesai dibangun, Keduanya sempat bercengkrama dengan penghuni. Wali Kota menyampaikan pesan agar kondisi rumahnya dapat dijaga dan dirawat dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *